Disperindagkop-UKM Tangerang Dorong Pelaku UMKM Aktif Ikut Pameran untuk Perluas Pasar

Kepala UKM Kota Tangerang Suli Rosadi saat memberikan keterangan
Sumber :
  • ANTARA

Tangerang – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop-UKM) Kota Tangerang mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk lebih aktif mengikuti berbagai pameran maupun ekspo. Langkah ini dinilai sebagai investasi jangka panjang dalam memperluas pasar dan memperkuat jaringan bisnis.

Kepala Disperindagkop-UKM Kota Tangerang, Suli Rosadi, menjelaskan bahwa keterlibatan UMKM dalam pameran memberikan banyak manfaat, mulai dari mempertemukan mereka dengan pembeli dari berbagai daerah hingga membuka peluang kerja sama baru.

“Melalui pameran, peluang pasar menjadi lebih terbuka. Bisa saja ada pembeli dari luar daerah yang tertarik dan memesan produk. Bahkan jika tidak ada transaksi sekalipun, UMKM tetap mendapat kesempatan untuk memperluas relasi bisnis,” ujar Suli, Senin (18/8).

Selain itu, Suli menegaskan bahwa membangun koneksi dan kepercayaan dengan pembeli sama pentingnya dengan memanfaatkan digitalisasi dalam pemasaran. “Persaingan di era digital semakin ketat. Karenanya, UMKM harus memadukan strategi online dengan interaksi langsung lewat pameran,” jelasnya.

Saat ini, tercatat ada 59 ribu pelaku usaha di Kota Tangerang, meskipun target dari pemerintah pusat mencapai 72 ribu. Banyak di antaranya yang perlu diberdayakan kembali, terutama pascapandemi.

Untuk mendukung peningkatan kualitas, Pemkot Tangerang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) gratis bagi pelaku UMKM. Program ini akan berlangsung pada 20–21 Agustus 2025 dan 17–18 September 2025 di OPS Room Gedung Cisadane Lantai 4.

Pendaftaran sudah dibuka secara online melalui tautan resmi Bimtek. Materi yang disiapkan meliputi strategi pemasaran digital, manajemen keuangan sederhana, pengemasan dan branding produk, legalitas usaha, hingga akses pembiayaan.

Dengan adanya program ini, diharapkan UMKM di Kota Tangerang semakin siap bersaing dan produknya mampu menembus pasar yang lebih luas.