Fenomena "Rojali Rohana": Penjualan E-Commerce Naik, Tapi Nilai Belanja Turun

Ilustrasi Belanja Online.
Sumber :
  • VIVA

Tangerang – Industri e-commerce Indonesia masih menunjukkan pertumbuhan jumlah konsumen, namun nilai rata-rata belanja per orang justru mengalami penurunan.

 

Wakil Ketua Umum idEA (Asosiasi E-commerce Indonesia), Budi Primawan, menyebut fenomena ini sejalan dengan tren “rojali” (rombongan jarang beli) dan “rohana” (rombongan hanya nanya), di mana banyak konsumen aktif melihat produk atau bertanya, tetapi tidak berujung pada pembelian.

 

“Rata-rata belanja per orang per bulan menurun sekitar 13 persen, dari Rp543 ribu menjadi Rp470 ribu,” ujar Budi, Selasa (19/8).

 

Perubahan ini mencerminkan konsumen kini lebih selektif dalam berbelanja, fokus pada kebutuhan utama, serta semakin berhati-hati di tengah kondisi ekonomi yang menekan daya beli.