6 Trik Jitu Membuat Konsumen Merasa "Memilih Sendiri" Padahal Kita yang Mengarahkan

Ilustrasi dunia kerja dan bisnis.
Sumber :
  • VIVA

Tangerang – Dalam dunia pemasaran, salah satu kunci keberhasilan adalah membuat konsumen merasa memutuskan sendiri untuk membeli, padahal secara halus kita yang mengarahkan mereka ke pilihan tersebut. Teknik ini dikenal sebagai guided choice atau choice architecture. Strategi ini efektif karena memanfaatkan psikologi konsumen yang lebih nyaman saat merasa punya kendali penuh terhadap keputusan mereka.

1. Gunakan Teknik Decoy Effect (Efek Umpan)

7 Cara Menciptakan Produk yang Terlihat Mewah dengan Biaya Produksi Rendah

Decoy effect adalah strategi menambahkan opsi “umpan” yang secara tidak langsung membuat konsumen lebih memilih produk yang kita inginkan. Misalnya, jika kita menjual paket langganan, kita bisa menambahkan paket dengan harga hampir sama tetapi manfaat jauh lebih sedikit. Otomatis, paket yang kita targetkan akan terlihat jauh lebih menarik.

Contoh:

Kebanyakan orang akan merasa mereka memilih Paket B secara mandiri, padahal pilihan itu kita desain sejak awal.

2. Terapkan Framing Effect

Halaman Selanjutnya
img_title