Jemput Bola, BPJS Kesehatan Hadirkan Mobil Layanan Keliling di Cipondoh

Mobil Layanan Keliling BPJS Kesehatan
Sumber :
  • Alif Syifaul Janan

VIVA Tangerang – Untuk mendekatkan pelayanan dan mempermudah akses masyarakat terhadap jaminan kesehatan, BPJS Kesehatan kini menghadirkan inovasi layanan BPJS Keliling. Program ini menghadirkan mobil layanan yang beroperasi secara rutin ke desa, pasar, alun-alun, hingga fasilitas kesehatan.

Pemkot Tangerang Bakal Kembangkan Kawasan Pengendali Banjir Jadi Ruang Publik Modern

Kehadiran mobil layanan ini langsung mendapat sambutan positif dari masyarakat, termasuk warga Cipondoh, Selasa 16 September 2025. Dengan adanya layanan jemput bola ini, mereka tidak lagi perlu menempuh perjalanan jauh ke kantor cabang BPJS Kesehatan hanya untuk mengurus administrasi sederhana.

Layanan Lebih Dekat, Antrean Berkurang

Selama ini, keluhan masyarakat banyak berkisar pada jauhnya jarak kantor cabang, antrean panjang, hingga keterbatasan transportasi. Melalui BPJS Keliling, warga bisa menyelesaikan berbagai urusan administrasi dalam satu kunjungan, tanpa membuang banyak waktu dan tenaga.

Sirkuit Selapajang Kota Tangerang Siap Gelar Kejuaraan Motocross Nasional 2025

Biasanya kalau mau ubah data, saya harus ke kota. Sekarang cukup ke balai desa, sudah beres,” tutur Mardiono, salah satu warga yang memanfaatkan layanan ini.

Mobil layanan tersebut berfungsi layaknya kantor berjalan dengan pelayanan cepat, ramah, dan tidak berbelit.

Beragam Layanan dalam Satu Mobil

FOTO: TPS Gondrong Petir Jadi Sorotan, Warga Keluhkan Sampah Menumpuk

Dalam setiap kunjungannya, BPJS Keliling menyediakan berbagai layanan utama, di antaranya:

  • Pendaftaran peserta baru
  • Perubahan data kepesertaan
  • Pencetakan kartu BPJS Kesehatan
  • Penyampaian keluhan peserta
  • Konsultasi langsung dengan petugas

 

Semua layanan ini tersedia di satu lokasi sehingga masyarakat dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan.

Lebih dari Sekadar Administrasi

Bagi warga, program BPJS Keliling tidak hanya mempermudah urusan administratif, tetapi juga memberi kepastian bahwa hak atas layanan kesehatan dijamin negara.

Pengalamannya bagus, nggak ribet. Karena sekarang ada mobil BPJS, jadi lebih mudah. Kalau mau nanya, bisa langsung, dan prosesnya cepat selesai,” ujar Desi Aris Latifah, warga Cipondoh.

Ia menambahkan harapannya agar layanan ini konsisten hadir. “Semoga BPJS selalu aktif ketika dibutuhkan, apalagi kalau tiba-tiba masuk rumah sakit. Jangan sampai ada lagi yang ditolak, karena masyarakat butuh kepastian layanan,” ungkapnya.

Harapan Rutin dan Berkelanjutan

Bagi banyak masyarakat, kehadiran mobil layanan ini memberi rasa dihargai dan diperhatikan. Diharapkan, BPJS Keliling bisa hadir secara rutin di berbagai wilayah Kota Tangerang dan daerah lain, sehingga seluruh lapisan masyarakat merasakan manfaat dan kemudahan akses jaminan kesehatan.

Program ini menjadi wujud nyata komitmen BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kualitas layanan publik, dengan prinsip menjemput bola dan mendekatkan layanan ke masyarakat.