Es Kopi Americano Geser Pamor Es Kopi Susu Gula Aren? Ini Faktanya!
- iStock
Tangerang – Tren Surga Makanan yang dirilis GoFood, ternyata ada tiga kuliner yang hits di 2025, salah satunya Iced Americano alias es kopi Americano. Popularitasnya menggeser es kopi susu gula aren karena paling banyak dicari pengguna di platformpesan-antar makanan tersebut.
Iced Americano sendiri terbuat dari campuran espresso yang disajikan dengan es dan ditambah air. Dengan hanya 10 kalori per ukuran gelas 12 oz (355 ml), jauh lebih rendah dari minuman es kopi susu gula aren yang mencapai 370 kalori per saji, mengonsumsinya tidak akan terlalu berpengaruh terhadap asupan kalori harian.
Minuman ini juga sempat populer direkomendasikan sebagai minuman pelangsing di beragam kontek TikTok. Mengutip dari media sosial, dr. Zaidul Akbar, dalam sebuah video yang viral, juga menyampaikan pendapat serupa.
Dia menjelaskan bahwa kopi, termasuk Americano, merupakan salah satu anugerah Allah SWT yang kaya akan antioksidan, baik untuk kesehatan, dan berfungsi sebagai pembakar lemak. "Kopi hitam dapat mengurangi nafsu makan kita, sehingga sangat cocok untuk diet," ujar dr. Zaidul.
Meski begitu, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa tubuh membangun toleransi terhadap kafein seiring waktu. Artinya, efek kafein, termasuk membakar lemak dan meningkatkan metabolisme, akan menurun jika kita rutin meminumnya. Dengan begitu, minum kopi saja tidak bisa jadi solusi jangka panjang.
Meningkatnya Konsumsi Iced Americano di Korea Selatan
Rata-rata orang Korea meminum 353 cangkir es Americano per tahun, lebih dari dua kali lipat rata-rata global, menurut sebuah studi pada 2019 oleh Hyundai Research Institute. Budaya kopi bahkan telah melahirkan bahasanya sendiri.
Iced Americano dikenal sebagai "Ah-Ah" dan peminum beratnya dikenal sebagai "Eoljuka," singkatan dari peribahasa baru yang menyatakan bahwa mereka akan mati kedinginan untuk minuman mereka. Tren tersebut telah diperhatikan perusahaan raksasa kopi Starbucks Korea, yang menjalankan promosi 'tantangan es.'
Tantangan "Eoljuka" mendapat peningkatan ukuran gratis saat mereka memesan pada suhu di bawah nol di akhir Januari. Minuman es menyumbang 76 persen dari total penjualan di toko Starbucks di Korea pada 2022, kata perusahaan itu. Bahkan selama cuaca dingin di Januari 2023, mereka menjual lebih banyak es Americano sebanyak 54 persen daripada yang panas.